Kemenag Siap Kawal Hibah APBD

Selasa, 29 Januari 2013 09:26:51 - Posting by redaksi - 1028 views

MALANG – Pemprov Jawa Timur memutuskan tetap akan menyalurkan bantu­an siswa madrasah (Bosda) dari APBD Jatim tahun ini. Pascaputusan ini, pihak Ke­menterian Agama pun ber­janji akan mengawal dan menggunakan ban­tu­an Bosda dengan tepat.

Kepastian ini dikemu­ka­an kepala Kanwil Ke­me­nag Jatim H Sujak MAg Se­nin (28/1) lalu, di sela-sela peresmian asrama siswa di MTsN Malang III Gondanglegi, Kabupaten Malang. Ia menegaskan, ti­dak ada aturan tertulis dan resmi yang dikeluarkan pi­hak Kemendagri yang me­la­rang pemberian bantuan ke­pada madrasah. Karena itu, katanya, pihak Ke­me­nag tetap melakukan an­ti­si­pasi dengan ber­ko­or­di­nasi dengan pihak-pihak ter­kait dengan pencairan da­na bantuan untuk ma­drasah.

“Sudah dipastikan tidak ada aturan terkait larangan ban­tuan dari madrasah. Ke­khawatiran akan terjadi double-accounting (bantuan ganda) atau pun sangkaan pe­manfaatan yang tidak te­pat sasaran kurangnya me­ngena karena memang ti­dak terjadi,” tegas Sujak.

Meski demikian, tam­bah­nya, pihaknya tetap akan meyakinkan peme­rin­tah bahwa bantuan yang diterima nantinya tepat sa­sa­ran didukung data calon pe­nerima yang akurat dan ti­dak terjadi penerimaan gan­da. Kemenag juga akan me­minta semua jajarannya un­tuk mengawal pen­ca­i­ran bantuan agar tidak ter­jadi seperti yang di­kha­wa­tir­kan pemerintah.

Terlepas persoalan ban­tuan, Sujak berharap ma­dra­sah tetap terbaik dan te­rus lebih baik nantinya. Pen­didikan di jenjang ma­drasah tsanawiyah, katanya, ter­bukti telah mampu me­nun­jukkan prestasi de­ngan capaian hasil ujian na­si­o­nal yang lebih baik di­ban­ding dengan pen­di­di­kan di bawah Kemen­dik­bud.

Sujak menyatakan daya du­kung anggaran tidak di­ja­dikan sebagai pemicu uta­ma. “Kuncinya pada ni­at dan semangat. Kalo dua mo­dal ini sudah dimiliki, (ada atau tidaknya ang­ga­ran yang cukup) tidak ter­la­lu mengganggu ma­dra­sah untuk meningkatkan ku­a­litasnya,” demikian pe­ja­bat yang terkenal hu­mo­ris ini. min-KP

Tags #apbd #hibah #kawal #kemenag #siap