Rutinkan Penguatan Keagamaan Siswa

Rabu, 10 Oktober 2012 11:10:43 - Posting by redaksi - 1189 views

PAKIS - Lantunan pembacaan doa terdengar dari halaman MI Nurul Huda 01 Pakis. Ratusan siswa dari semua kelas dan dipimpin salah satu guru tampak khusyu’ memanjatkan doa kepada Sang Pencipta. Dengan dipandu salah satu guru bergantian sesuai jadwal, guru dan siswa membaca salawat nariyah, salawat irfan yang meminta keselamatan, rahmat, nikmat, perdamaian, pertolongan, limpahan hidayah dan karunia bagi siswa, keluarga dan seluruh civitas MI Nurul Huda 01. Kegiatan ini rutin digelar setiap Jumat pagi, pukul 7 – 7.30 WIB, sebelum pelajaran dimulai.
Listiani Astutik  SPd, guru MI Nurul Huda 01 memaparkan, kegiatan keagamaan seperti ini bertujuan sebagai penanaman aqidah dan akhlaq siswa dan upaya membentuk generasi bangsa yang berkarakter. Penguatan dan penguasaan keilmuan keagamaan semacam ini merupakan ciri khas dan keunggulan siswa di lingkungan lembaga yang berbasis agama. Dikatakan ia, selain memiliki ilmu umum, MI Nurul huda 01juga memiliki nilai lebih bidang keagamaan. Selain istighotsah, kegiatan lain memperkuat keagamaan atau rohaniah siswa, secara rutin dilakukan salat dhuha setiap pagi, tadarrus dan pembelajaran iqra’ dan Alqur’an.
“Semua kegiatan keagamaan ini dilakukan setiap Senin sampai Jumat, sedang hari Sabtu dilakukan senam bersama untuk penyegaran sisi jasmaniah,”terangnya.
Tak hanya pembekalan keagamaan, MI Nurul Huda 01 juga memperhatikan sisi potensi dan pengembangan bakat siswa, akademik maupun non akademik, serta seni dan keterampilan, melalui kegiatan ekstrakurikuler. Ekskul yang ada saat ini antara lain; pramuka, drumband, wawasan keputrian, keolahragaan, dan seni. Ada juga pembelajaran  IT sebagai muatan lokal.sup-KP

Tags #keagamaan #penguatan #rutinkan #siswa